Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Ade Fauji

Saturday 6 December 2008

…Ssst, Masih Semangat Kerja Gak?

Posting dari Milis Corporate HR (corpHR@yahoogroups.com)

Rabu, 3 Desember, 2008 10:13:05

Written by : Ruli Amirullah


Assalamualaikum Wr Wb,

Selamat Pagi…!

Bagaimana kabar hari ini? Sebentar-sebentar, khususnya bagi teman-teman yang ada di kantor, saya ganti pertanyaannya lebih spesifik.. ‘bagaimana kabar semangat kerja anda hari ini?’

Ssst.. gak perlu jawab keras-keras. Jawab aja dalam hati…

Bagi yang tanpa jeda langsung jawab ‘semangat! On fire!’.. mungkin bisa close email ini dan baca email lain yang lebih penting.

Tapi bagi yang butuh beberapa detik untuk jawab.. apalagi trus jawabannya ‘biasa ajah’ nah.. daripada malah browsing internet yang gak perlu, mending lanjutin baca. Hehehe..

Kehilangan semangat kerja?

Kehilangan motivasi kerja?

Kenapa ya bisa begitu…

Ada dua factor penyebab. Yang pertama, bisa terjadi karena factor dari dalam diri, misalnya pusing mikir hutanglah, berantem sama pasangan lah atau hal-hal yang bersifat pribadi lainnya deh. Nah kalau ini masalahnya mungkin bisa kirim permasalahan anda rubric Kolom Keluarga yang diasuh para psikolog terkenal..

Penyebab yang kedua, adalah factor lingkungan!

Mau tau ciri-cirinya? Coba sekarang, lihat sekeliling. Perhatikan teman-teman yang ada. Bagaimana suasananya?

Apakah mereka mengerjakan tugasnya sambil tersenyum atau sambil menggerutu?

Apakah lebih banyak celotehan riang atau obrolan yang isinya lagi-lagi membahas mengenai buruknya manajemen?

Apakah semua orang merasa senang membantu yang lain ataukah semua orang merasa sibuk sendiri and nobody care with him?

Apakah lebih sering menyambut jam pulang kantor dengan terkejut (haa… udah jam 5 lagi? Cepet amat), atau malah setengah jam sebelumnya sudah sibuk siap-siap pulang…

Kalau yang terjadi adalah pilihan-pilihan yang kedua, maka something wrong dengan lingkungan kerja anda!

Itu yang membuat anda kehilangan semangat kerja, dan rasanya bukan cuma anda yang kehilangan semangat itu, tapi juga teman-teman, bahkan mungkin keselurahan kantor..

Berarti sudah tidak ada keceriaan di kantor anda

Tidak ada lagi keriangan..

Tidak ada lagi kebersamaan. .

Semua berjalan bagai robot, bagai orang yang mendapat beban berat di punggung..

Be careful..!

Lingkungan seperti itu bisa menjadi seperti tempat pembuangan limbah beracun!

Yang harus anda lakukan adalah, masuk ke ruang atasan anda (jangan lupa ketok pintu dulu) dan mengatakan ini padanya..

“Bos, Mari kita ubah suasana kerja kita!”

Weeeh… nekad ya?! Hehehe.. ya sudah kalau tidak berani, cukup baca aja email ini..

Tapi, yang harus dilakukan memang itu.. Ubah lingkungan kerja kita menjadi suatu lingkungan yang menyenangkan!

Bagaimana caranya?

Nah, inilah yang ingin saya sharing setelah membaca buku Fish! ( Catch the Energy & Release the Potential, karangan Stephen C.Lundin, Harry Paul dan Jhon Christensen ). Ada 4 cara untuk mengubah kerja jadi hal yang menyenangkan. .

Pertama.. PILIH SIKAPMU..

Kita mungkin gak bisa seenaknya mau kerja sebagai apa dan dimana (emang gampang cari kerja? Ini aja masuknya udah setengah mati susahnya, lewat saudara pula, hehehe). Tapi, bukankah kita bisa seenaknya milih sikap kita dalam menghadapi pekerjaan itu? Kita bisa senyum dan nikmati atau malah menggerutu dan merasa tersiksa karenanya..

Yakan? Kita kan raja atas pikiran kita sendiri.. so, perintahkan pada hati agar bersikap sesuai dengan yang kita inginkan.. mau pilih senyum atau kesal?

Kedua.. BERMAIN..

Haaa… lagi kerja kok bermaiiin…hehehe..

Maksudnya, ciptakan lingkungan kerja kita bagai taman bermain. Suasananya! Mau contoh? Pasar ikan, dimanapun anda berada, bisa jadi adalah pasar yang becek, bau dan tidak menyenangkan. Tapi coba deh kunjungi pasar ikan yang bernama Pike Place Fish di Seatlle, USA (wedeeh.. gak ada tempat yang lebih deket lagi apa? Hhihi.. maaf maaf.. oke gak usah dateng kesana deh, saya ceritain aja ya..). Di pasar ikan tersebut, selain bersih dan ada café-café yang asik, yang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata adalah karena para pedagangnya yang riang..

Untuk mengirimkan ikan ke temannya, mereka seringkali melempar ikan, kepiting dan mahluk laut lainnya..

Melempar?

Yup! Bahkan kadang melempar melewati kepala para pengunjung.. melemparnya sambil terkadang juga berteriak jenaka..

Seru bukan? Dan itu mereka lakukan agar suasana hati mereka selalu riang. Mereka sadar bahwa mereka kerja di suatu lingkungan yang mungkin bisa jadi lingkungan paling membosankan. Tapi mereka kemudian berhasil menciptakan suasana riang..

Mau tau keuntungan dari terciptanya suasana riang? Kita akan bahagia! Dan orang yang berbahagia pun akan memperlakukan orang lain dengan baik pula. Kegembiraan juga akan menghasilkan kreativitas. Mana ada ide cemerlang datang saat kita sedang marah? Selain itu, waktu juga akan berjalan dengan cepat. Tiba-tiba udah jam pulang kantor, dan kita akan sedih seperti anak kecil yang mobil bom2 car-nya berhenti karena waktunya sudah habis..

Tapi…. Jangan buru-buru melemparkan monitor computer ke teman anda untuk menciptakan suasana riang di kantor anda. Tidak harus saling melempar untuk tertawa. Hehehe..

Ini ada beberapa ide dari buku tersebut, misalnya dengan mengadakan kontes lelucon terbaik minggu ini, bikin dinding menjadi lebih menarik dan hidup dengan berbagai hiasan, bikin event-event bulanan secara khusus, dll dll…

***

Nah itu baru dua cara, masih ada dua cara lagi. Tapi, untuk yang berminat lebih jauh. Mungkin bisa beli bukunya ya di toko-toko buku terkemuka. Soalnya kalau ditulis di email ini semuanya, bisa panjang emailnya. Ntar bosen bacanya.. Hehehehe… (eh, tapi kalau tetep ada yang mau, kasih tau aja, nanti saya kirim ke email masing-masing. Apanya? Bukunya? Ya bukanlah.. tapi ulasan saya tentang 2 tip terakhir.. hehehe)

Intinya…

Ciptakan suasana riang dengan memilih sikap kita..

Hal ini bahkan tidak hanya bisa kita terapkan di dunia kerja, tapi juga di kehidupan kita..

Kita adalah pemilik atas sikap kita sendiri, walau kita mungkin kita tidak bisa memilih dan mengubah takdir yang telah terjadi, tapi percayalah, kita akan selalu bisa memilih bagaimana sikap kita dalam menghadapi dan menjalani takdir tersebut…

Kita adalah raja atas pikiran kita..

So, let’s smile together my friend..

World is wonderful…

Wassalam



Ruli Amirullah
Feel the love of Ar Rahmaan
Wanna feel it? Join ESQ Training..
Read my article at : http://ruliamirulla h.multiply. com
Contact me at : 085-888-509931
send Email to: ruli_amirullah@ yahoo.com
Website : www.esqway165. com

No comments: