Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Ade Fauji

Monday 2 February 2009

KUNCI SEHAT

Kesehatan itu bersifat dinamis dan Hak setiap Individu lho, jadi Anda harus memahami bagaimana mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan Anda termasuk keluarga Anda. Kesehatan dipengaruhi oleh 4 (empat) aspek, yaitu pola asupan gizi & nafas, pola pikir & perasaan yang positip , pola aktifitas fisik dan pola lingkungan.. Setelah aspek ini dikelola untuk Anda sendiri, maka selanjutnya Anda kelola untuk lingkungan Anda, minimal untuk keluarga. Lebih baik lagi jika pola hidup sehat ini dapat Anda tularkan ke lingkungan yang lebih luas.

Suatu pekerjaan yang berharga, pastilah tidak mudah (Harvey Day), segalanya tergantung pada kesehatan. Kebahagiaan seseorang, sikap & sifat terhadap satu sama lain orang, semua ini tergantung pada kesehatan. Jika Anda setuju bahwa kesehatan adalah Investasi Anda yang terbesar, pasti Anda bersemangat untuk mencari ilmunya sesegera, seluas dan selengkap mungkin. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan Anda :

  1. Asupan Gizi dan Nafas

Manusia secara biologis butuh makanan. Pertama, sebagai sumber energy. Kedua, sebagai zat pembangun. Ketiga, sebagai zat pengatur. Kenapa nafas? Karena untuk dapat beraktifitas, dibutuhkan oksigen sebagai bahan bakarnya yang sebagain besar diperoleh dari nafas. Untuk itu setiap individu harus mencari ilmu tentang bagaimana memenuhi kebutuhan fungsi makanan dan oksigen secara efisien dan efektif. Dengan harga murah (khususnya ibu-ibu yang tiap harinya menyajikan menu makanan untuk keluarga tercinta) tetapi target kebutuhan gizi tubuh terpenuhi namun tidak berlebihan.

Bagaimana dengan nafas? Tentu saja Anda butuh latihan nafas untuk dapat bernafas secara efektif dan efisien. Bagaimana caranya, dengan sekali tarikan nafas dapat menangkap sebanyak mungkin oksigen untuk mendukung sebanyak mungkin kegiatan. Sikap tubuh Anda juga dibiasakan tegak untuk memperluas rongga dada.

  1. Pikir dan Perasaan

Sumber dari segala persoalan sebenarnya dari pikiran dan perasaan Anda. Ini akan merangsang hormon-hormon tubuh Anda sesuai dengan hasil pemahaman dan pengendalian Anda atas aspek ini. Tidak perlu Anda merasakan dulu akibat yang tidak diinginkan dari salah kelola pikiran dan perasaan Anda. Coba kendalikan pikiran dari sekarang supaya Anda merasakan manfaatnya. Salah satunya, membiasakan berpikir positip. Turunkan stress Anda dengan mengelola Gelombang Otak Anda.

Anda akan sangat bersemangat, biasa-biasa saja, atau malas bahkan frustasi menghadapi persoalan hidup. Hasil dari pengelolaan aspek ini akan membuat Anda tampak lebih tua atau lebih muda dari umur Anda yang sebenarnya, karena tiga aspek yang lain juga ditentukan dari aspek ini. Sempurnakan diri Anda, dan terus berlatih untuk mengurangi tuntutan Anda pada orang lain.

  1. Aktifitas Fisik

Hidup adalah untuk beraktifitas. Anda harus mengatur waktu mulai dari istirahat, berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kekuatan, kelenturan dan daya tahan otot, fungsi paru dan jantung, mencari nafkah, melayani anggota keluarga, kegiatan spiritual sampai kegiatan yang tidak bersifat rutinitas, seperti rekreasi, silaturahmi dan lain-lain. Adanya kemudahan dari perkembangan teknologi jangan membuat Anda lupa dengan kodrat tubuh Anda, beraktifitas.

  1. Lingkungan

Lingkungan Fisik yang bersih, udara dengan polusi yang sangat minimal, warna kamar yang cerah, asesoris ruangan yang tertata apik, berpemandangan luas, tata ruang yang baik, tidak ada bau yang membuat anda tidak nyaman, syukur-syukur ada bau bunga yang harum, alunan musik yang lembut.

Lingkungan Sosial yang harmonis ; keluarga, saudara-saudara, teman-teman kerja dan tetangga yang menyenangkan (wah… susah yah…!?), dan lain-lain. Selain itu Anda juga harus menjaga kebersihan diri.

Memang tidak akan Anda dapatkan dalam waktu yang sama, tetapi usahakan Anda terpapar dengan lingkungan yang demikian sesering mungkin. Jika Anda bekerja dengan lingkungan yang menebarkan bahan kimia, radiasi dan bahan-bahan berbahaya atau yang berpotensi bahaya lain, Anda harus disiplin menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Pandang ke depan, tegakkan badan, tarik nafas dalam-dalam dengan dinding perut Anda, dan katakan “Tuhan, terima kasih sudah memberi luar biasa banyak rahmat dan anugrah padaku. Hari ini saya sehat, dan paling sehat, bimbinglah aku dengan Cahaya dan SuaraMu, untuk melakukan sesuatu sesuai dengan amanat dan sifatMu…!!” dan lakukan kegiatan sesuai rencana Anda dengan senyum dan penuh keyakinan.

Semoga bermanfaat, dan Salam Sehat….!!!!

No comments: